Thursday, July 25, 2013

Pentingnya Speaking


Dalam mempelajari Bahasa Inggris, kita tidak akan lepas dengan istilah “speaking”. Bagi beberapa kalangan, mungkin, menganggap bahwa speaking adalah pelajaran bahasa Inggrispaling membosankan ke dua setelah grammar. Namun, ada juga yang menganggap speaking adalah pelajaran terpenting dalam mempelajari bahasa pada umumnya, khususnya bahasa Inggris.
Apa benar mempelajari speaking itu penting? Jawabannya terserah anda. Jika anda menganggap speaking itu penting, maka jangan pernah menjawab tidak. Karena memang pada dasarnya semua pelajaran bahasa Inggris itu penting. Salah seorang ahli bahasa yang menganggap pentingnya mempelajari speaking, Scott Thornbury, juga demikian. Ia mengungkapkan pentingnya speaking dalam kehidupan sehari-hari sehingga ia menyarankan untuk mempelajarinya jika ingin menguasai suatu bahasa. Dalam hal ini Thornbury (2005: 1) mengatakan:
Speaking is so much a part of daily life that we take it for granted. The average person produces tens of thousands of words a day, although some people – like auctioneers and politicians – may produce even more than that. So natural and integral is speaking that we forget how we once struggled to achieve this ability – until, that is, we have to learn how to do it all over again in a foreign language.

Menurut Thorbury, speaking (berbicara) itu adalah salah satu bagian kehidupan sehari-hari kita. Pada umumunya manusia menghasilkan puluhan ribu kata dalam sehari. Bahkan, menurut dia, ada beberapa orang yang menghasilkan lebih dari puluhan ribu kata sehari seperti seorang politikus dan tukang lelang. Speaking begitu penting dan alamiah sehingga kita lupa bagaimana kita bersusah payah untuk mendapatkan kemampuan “speaking” ini; kita harus mempelajari bagaimana melakukan ‘speaking’ terus menerus dalam bahasa asing.
Lebih jauh lagi, Grauberg (1997: 201) mengungkapkan bahwa banyak siswa yang menganggap tujuan utama mempelajari bahasa asih adalah agar bisa berbicara dengan bahasa tersebut. Oleh karena itu, Grauberg meneruskan, para guru bahasa harus membantu siswa untuk mencapai tujuan siswa tersebut dengan mengeluarkan segala kemampuan terbaik mereka. Dalam hal ini ia manyatakan:
For many pupils the prime goal of learning a foreign language is to be able to speak it. Teaching should therefore help them to achieve that goal to the best of their ability. Yet the task is not easy, because conditions in the classroom are very different from those in real life. There speaking normally occurs in a domestic, social or occupational environment. Except for the fairly infrequent occasions of a talk or a lecture, only a small group of people, typically two, are involved. At times people speak to each other simply to demonstrate friendliness or sociability, but much the most frequent case is that one person has a reason to address the other: to request information or service, share experience, suggest action. The other replies, and a dialogue ensues.

Terima Kasih telah membaca Pentingnya Mempelajari Speaking, semoga bermanfaat.




Semoga Bermanfaat untuk sahabat pembaca Pentingnya Speaking

Artikel Terkait

0 comments :